Galeri

Contoh Hasil Laporan Wawancara

Pengalaman Pak Harsono di SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA

Topik                              = Perjalan hidup selama bekerja di SMA N 7 Yogyakarta

Hari, Tanggal                 = 14 September 2012  (Waktu pelaksanaan Wawancara)

Tempat                           = Kantin Belakang, SMA NEGERI 7 YOGYAKARTA

Narasumber                    = Pak Harsono

Jabatan/Profesi              = Tukang Kebon/Penjaga Sekolah

Hasil Wawancara =

Pengantar :

Semua orang pasti mempunyai pengalaman – pengalaman yang tak terlupakan baik suka maupun duka selama hidupnya dalam bekerja. Saya sebagai warga SMA Negeri 7 Yogyakarta, kususnya sebagai pelajar sekolah ingin mengetahui pengalaman-pengalaman guru,karyawan,tukang kebon,satpam,cleaning service,penjaga UKS,dan lain-lain selama bekerja di SMA Negeri 7 Yogyakarta ini. Tetapi saya ingin lebih mengetahui pengalaman tukang kebon SMA Negeri 7 Yogyakarta yang akrab di panggil dengan nama Pak Har. Saya berniat untuk mewawancarainya karena beliau termasuk salah satu orang senior di SMA Negeri 7 Yogyakarta.

Isi :

Perjalanan hidup Pak Har di SMA N 7 Yk ini bermula 29 tahun yang lalu ketika beliau di ajak oleh kakanya yang bernama Pak Jufri( Beliau dulu adalah guru agama kelas 12) pindah dari SMA N 1 Yk ke SMA N 7 Yk. Pada saat bekerja di SMA N 1 Yk beliau mendapat gaji sebesar Rp. 10.000,- per bulan  dan pada saat itu juga beliau mempunyai kerja sampngan yaitu mencuci dan mengecat mobil. Pekerjaan pertama kali Pak Har di SMA N 7 Yk ini adalah membersih – bersihkan semua barang dan alat yang ada diruangan maupun di halaman sekolah. Karena pada saat beliau diterima bekerja di SMA N 7 Yk ini, SMA N 7 Yk baru saja berdiri menggantikan Rumah Sakit Pugeran. Beliau jugalah yang telah membersihkan kebun rumah sakit yang terletak di belakang sendiri menjadi bersih rapi dan hasilnya adalah sekarang menjadi kantin sekolah. Itu merupakan salah satu pengalam beliau dalam memulai karirnya sebagai keluarga besar SMA N 7 Yk yang tak terlupakan dan akan menjadi kenangan tersendiri oleh beliau.

Pak Har sudah menekuni pekerjaannya di SMA N 7 Yk sejak berumur 37 tahun dan sekarang beliau sudah berumur 66 tahun. Pekerjaan yang beliau kerjakan sekarang ini adalah megunci semua ruangan sekolah ketika semua kegiatan belajar mengajar selesai dan dengan bantuan cleaning service kemudian menyimpan semua kunci sekolah di ruangan tempat Pak Har istirahat(dekat ruang OSIS sekarang), pekerjaan lainya adalah menyirami tanaman-tanaman dan halaman sekolah setiap pukul 5 pagi, mencucikan mobil guru, menyiapkan perlengkapan audio jika ada acara yang melibatkan tempat SMA N 7 Yk baik acara sekola maupun acara dari luar sekolah seperti acar RT/RW setempat, dan tugas yang terpening yang dikejakan beliau adalah jaga malam/menjaga sekolah pada malam hari. Beliau menjaga sekolah pada malam hari kadang – kadang dengan Pak Ranto dan Pak Basuki. Pak Har setiap pukul 12 atau 1 malam beliau jalan mengelilingi sekolah untuk memastikan keadaan aman. Beliau pulang ke rumah pada waktu sore hari saja dan hanya 1 – 2 jam saja beliau dirumah( Salakan, Jogja ,Depan STIE lama jalan Parangtritis) sekedar mengambil makan dan berkumpul dengan anak tercinta.  Dan terus menerus beliau melakukan pekerjaan – pekerjaan itu.Dalam sebulan beliau mendapat gaji sebesar Rp. 800.000,- .

Pak Har pernah mengalami pengalaman yang buruk, yaitu terjadi kebakaran ringan dan perkelahian antar sekolah tapi itu kejadian lama. Beliau menerangkan bahwa kebakaran ringan itu di sebabkan oleh kipas angin yang dinyalakan berhari-hari sehingga panas kemudian terjadi kebakaran ,untung saja kebakaran itu cepat di atasi seingga tidak menjalar kemana-mana. Ungkap beliau. Sedangkan perkelahian antar sekolah itu terjadi karena pertandingan voli yaitu saat SMA N 7 Yk melawan SMA Swasta Yk. Beliau tidak begitu tahu sebab terjadinya perkelahian tersebut. Beliau hanya tahu korban dari tindak kekerasan itu. Korban terparah dari perkelahian itu adalah salah seorang pelajar SMA N 7 Yk. Tapi peristiwa itu sudah lama sekali .Kata Pak Har.  Itu tadi adalah sedikit pengalaman buruk Pak Har yang juga tak terlupakan selama bekerja di SMA N 7 yk ini.

Penutup

Pak Harsono sempat menasehati dan berpesan bahwa giatlah dalam belajar agar segala cita – cita tercapai, seingga orangtua dan orang-orang sekeliling anda bangga akan mempunyai anak atau teman secerdas anda. Dan beliau juga berpesan bahwa rajin dan disiplin adalah teman yang selalu bersama, maka ‘gandenglah’ mereka bersama saat anda belajar agar anda dapat menempuh pendidikan stinggi-tingginya dan gunakanlah kepintaran anda untuk hal-hal yang bermanfaat bagi sekeliling anda.

                                                                                          Yogyakarta, 20 September 2012(Waktu Pembuatan Hasil Laporan Wawancara)

                                                                                                      Muhammad artdie Prabowo(Nama Pembuat Hasil Laporan Wawancara)

Semoga Bermanfaat 😀

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s